DIGITAL MARKETING ITU NGAPAIN AJA SIH?

Pada hari Minggu, 21 Juni 2020 Shift Academy berkesempatan untuk mengadakan sesi webinar gratis bersama Andreas Gandhi Hendra Pratama yang merupakan salah satu expert di bidang Digital Marketing dan dihadiri sebanyak 291 peserta.

Topik yang dibahas dalam webinar ini adalah mengupas tuntas dunia kerja digital marketing, mulai dari job opportunity, job scope, hingga skill apa saja yang dibutuhkan.

Andreas Gandhi Hendra Pratama memulai karirnya sebagai digital marketing sejak masih berkuliah.  Sejak itu Ia merasa memiliki ketertarikan dengan dunia digital marketing dan melihat ada opportunity yang sangat tinggi dan ternyata benar, saat ini peran seorang digital marketing menjadi sangat krusial dan dibutuhkan berbagai sektor bisnis.

Diawali dengan bergabung dengan salah satu start-up di Yogyakarta sebagai Product Marketing Manager, lalu sempat menjadi Employer Branding Manager di Gojek, Online Marketing Manager & Head of Marketing di Shopback dan saat ini menjadi salah satu advisor di ShiftAcademy.

Andreas Gandhi berpendapat bahwa bekerja di perusahaan start-up  di awal karir dapat memberikan peluang yang sangat besar untuk belajar banyak hal, bebas untuk bereksperimen, explore berbagai hal yang bahkan bisa memberikan dampak besar bagi perusahaan.

Terdapat dua tips jika seseorang ingin memulai karir menjadi digital marketing dan diperhitungkan. Pertama yaitu mengumpulkan berbagai portofolio yang dapat menunjukkan kualitas dan kredibiitas, dan kedua mampu menjelaskan setiap portofolio tersebut dengan baik. Salah satu cara yang Ia gunakan saat menjelaskan setiap portofolionya menggunakan metode STAR, terdiri dari Situation apa yang terjadi saat itu, lalu Task apa yang dibutuhkan, selanjutnya Action apa yang anda ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir apa Result yang didapatkan.

Kemampan fundamental seorang digital marketing yang harus dimiliki adalah memahami Fannel Digital Marketing. Salah satu konsep umum yang sering digunakan adalah AIDAA (Awareness, Interest, Desire, Action, Advocacy). Dimulai dari bagaimana membangun suatu awareness hingga dapat terkonversi menjadi sales.

Selain itu Andreas Gandhi juga membagi pengalaman kegagalan yang pernah Ia alami selama menekuni digital marketing. Salah satu yang pernah Ia alami adalah terkait Over Spend, kondisi di mana biaya yang dikeluarkan terlalu tinggi untuk suatu iklan. Oleh karena itu penting sekali dapat memastikan campaign yang dilakukan relevan dengan market yang sesuai.

Anda dapat melihat video rekaman webinar kami bersama Andreas Gandhi secara gratis di youtube Shift Academy, silahkakn klik link di bawah ini;

https://youtu.be/81rOZw8-w_c

Happy Learning!

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *