Apa itu Power BI, Tools Andalan Para Business Intelligence

Power BI adalah tools rilisan Microsoft yang sering digunakan oleh para Business Intelligence karena dalam dunia kerja, perusahaan sering memiliki data yang sangat besar yang mungkin saja berjumlah jutaan.

Menggunakan Microsoft Excel tidak lagi menjadi praktikal, selain Excel akan menjadi sangat lemot (karena harus menampung data yang sangat banyak), file dari Excel juga akan menjadi sangat besar, hal ini sangat tidak praktis!

Maka solusinya adalah menggunakan Power BI. Karena dapat membaca berbagai macam tipe file, dapat diintergrasikan dengan berbagai aplikasi misalnya Excel, Azure, bahkan dapat menggunakan bahasa pemrograman Python dan SQL untuk dioperasikan.

Nah, ketika kamu sudah mendapatkan gambaran umum tentang penggunaan Microsoft Power BI, mari kita bahas lebih dalam!

Apa itu Power BI

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Power BI adalah sebuah tools untuk mempermudah urusan Business Intelligence, termasuk dalam membersihkan data, mengolah dat dan memvisualisasikan data tersebut.

Menurut Microsoft sendiri, “Power BI adalah platform yang terpadu dan dapat diskalakan untuk layanan mandiri dan Business Intelligence perusahaan (BI). Terhubung ke visualisasikan data apa pun, dan memasukkan visual ke dalam aplikasi yang Anda gunakan setiap hari dengan lancar.

Jenis-jenis Power BI

Power Bi sendiri memilik berbagai jenis dengan fitur yang melimpah sesuai dengan harga dan tujuannya. Ini adalah beberapa jenis Power BI.

1. Power BI Secure

Layanan Power BI adalah layanan cloud aman yang dihosting Microsoft yang memungkinkan pengguna melihat dasbor, laporan, dan aplikasi Power BI menggunakan browser web atau melalui aplikasi mobile iOS, dan Android.

2. Power BI Desktop

power bi desktop

Power BI Desktop adalah alat analisis data gratis dan pembuat laporan yang dapat kamu install di komputer Windows. Aplikasi ini dapat terhubung ke lebih dari 70 sumber data lokal dan cloud untuk mengubah informasi menjadi visual yang bagus dan interaktif.

Data science dan Developer sering bekerja dengan Power BI Desktop untuk membuat laporan dan membuatnya tersedia untuk layanan Power BI.

3. Power BI Pro

power bi pro

Selanjutnya adalah Power BI Pro, software berbasis cloud dengan biaya bulanan sebesar $10 per pengguna. Perbedaan terbesar antara Power BI Desktop dan Power BI Pro adalah kemampuan untuk berkolaborasi dengan pengguna Power BI lainnya.

Fitur lainnya adalah Power BI Pro dapat membagikan laporan dan visualisasi ke pelanggan Power BI lainnya di seluruh perusahaan dibutuhkan.

comparasi fitur power bi
Komparasi fitur dari Power BI Free dan Pro

Fitur-fitur Power BI

Sebagai software Business Intelligence yang paling sering digunakan, Power BI memiliki fitur-fitur yang mendukung pekerjaan menjadi lebih mudah. Beberapa fitur-fitur yang membuat Power BI menjadi populer adalah:

1. Akses ke Data dari Berbagai Sumber

Power BI dapat mengakses volume data yang sangat besar dari berbagai sumber. Ini memungkinkan Anda untuk melihat, menganalisis, dan memvisualisasikan sejumlah besar data yang tidak dapat dibuka di Excel.

Beberapa sumber data penting yang tersedia untuk Power BI adalah Excel, CSV, XML, JSON, pdf, dll. Power BI menggunakan algoritme kompresi yang kuat untuk mengimpor dan meng-cache data dalam file .PBIX.

2. Fitur UI/UX Interaktif dan Mudah Digunakan

Power BI membuat segalanya menarik secara visual. Ini memiliki fungsi drag-n-drop yang mudah, dengan fitur yang memungkinkan kamu menyalin semua pemformatan di seluruh visualisasi serupa.

3. Integrasi Excel yang Luar Biasa

Power BI membantu mengumpulkan, menganalisis, menerbitkan, dan berbagi data dengan Excel. Siapa pun yang terbiasa dengan Office 365 dapat dengan mudah menyambungkan query, model data, dan laporan Excel ke Dasbor Power BI.

4. Big Data Lebih Mudah Dengan Azure

Menggunakan Power BI dengan Azure memungkinkan kamu menganalisis dan berbagi volume data yang sangat besar. Data Azure dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mendapatkan insight dan meningkatkan kolaborasi antara business analyst, data architect dan data scientist.

5. Analisis Data Stream Secara Realtime

Power BI akan memungkinkan kamu untuk melakukan analitik aliran waktu nyata. Ini membantu kamu mengambil data dari beberapa sensor dan sumber media sosial untuk mendapatkan akses ke analitik waktu nyata, sehingga Anda selalu siap membuat keputusan bisnis.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *